IDE USAHA Adalah Segala Konsep, Pikiran dan pengetahuan, Sebuah Mental, Pandangan, Keyakinan atau Rencana dari kegiatan-kegiatan Usaha.
BERFIKIR KREATIF : kinginan untuk menemukan dan mncari penyelesaian yang berbeda dari satu masalah untuk mencapai tujuan yang sama.
SUMBER IDE : MELIHAT, MENDENGAR DAN MERASAKAN.
Pengelompokan IDE WIRAUSAHA
TIPE A : NEW MARKET --> tempat pemasarannya yg baru.
TIPE B : NEW TECHNOLOGY --> menciptakan produk yang belum pernah ada.
TIPE C : NEW BENEFIT --> memodifikasi atau mnyempurnakan produk yang telah ada.
SUMBER IDE (Longenecker 1991) :
- Pengalaman Pribadi
- Hobi
- Temuan Kebetulan
- Penlitian
SUMBER IDE (Soesarsono) :
- Informasi
- Ilmu Pengetahuan
- Adanya Tuntutan
CARA KREATIF MELIHAT IDE :
- Merupakan Cara untuk memunculkan, mmatangkan dan menyempurnakan ide.
- Dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan yang lebih spesifik
TEKNIK MENDAPATKAN IDE :
- FOCUS GROUP
- BRAINSTORMING
- PROBLEM INVENTORY ANALYSIS
TANTANGAN ORGANISASI BISNIS :
PERSYARATANNYA :
- SPEED --> cepat, segeta, tangkas dan cekatan
- RESPONSIVENESS --> sederhaba, luwes
- RSILIENCY --> Berdaya Tahan
- FLXIBILITY --> Menyesuaikan Permintaan konsumen
No comments:
Post a Comment