Monday, April 22, 2013

MENEMUKAN & MENGEMBANGKAN IDE BERWIRAUSAHA


IDE USAHA   Adalah Segala Konsep, Pikiran dan pengetahuan, Sebuah Mental, Pandangan, Keyakinan atau Rencana dari kegiatan-kegiatan Usaha.

BERFIKIR KREATIF : kinginan untuk menemukan dan mncari penyelesaian yang berbeda dari satu masalah untuk mencapai tujuan yang sama.

SUMBER IDE : MELIHAT, MENDENGAR DAN MERASAKAN.

Pengelompokan IDE WIRAUSAHA
TIPE A : NEW MARKET --> tempat pemasarannya yg baru.
TIPE B : NEW TECHNOLOGY --> menciptakan produk yang belum pernah ada.
TIPE C : NEW BENEFIT --> memodifikasi atau mnyempurnakan produk yang telah ada.

SUMBER IDE (Longenecker 1991) :
  1. Pengalaman Pribadi
  2. Hobi
  3. Temuan Kebetulan
  4. Penlitian
SUMBER IDE (Soesarsono) :
  1. Informasi
  2. Ilmu Pengetahuan
  3. Adanya Tuntutan
CARA KREATIF MELIHAT IDE :
  • Merupakan Cara untuk memunculkan, mmatangkan dan menyempurnakan ide.
  • Dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan yang lebih spesifik

TEKNIK MENDAPATKAN IDE :
  1. FOCUS GROUP
  2. BRAINSTORMING
  3. PROBLEM INVENTORY ANALYSIS
TANTANGAN ORGANISASI BISNIS :
PERSYARATANNYA :
  1. SPEED --> cepat, segeta, tangkas dan cekatan
  2. RESPONSIVENESS --> sederhaba, luwes
  3. RSILIENCY --> Berdaya Tahan
  4. FLXIBILITY --> Menyesuaikan Permintaan konsumen

No comments:

Post a Comment