Karakteristik dan Klasifikasi Produk
•Produk --> Segala sesuatu yg dpt ditawarkan ke pasar untk memuaskan keinginan & kebutuhan.
•Jenis produk --> barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, gagasan dll
Tingkat produk : hierarki nilai pelanggan (custemer value hierarchy)
1. Manfaat inti (core benefit)
Hotel --> tamu butuh istirahat & tidur
Bor --> lubang
2. Produk dasar (basic product)
Hotel --> tempat tidur, kamar mandi, handuk, lemari pakaian dll
3. Produk yg diharapkan (expected product)
Hotel --> tamu mengharapkan tempat tidur yg bersih, handuk yang bersih, lampu baca, ketenangan, dll
4. Produk yg ditingkatkan (augmented product) : melampaui harapan konsumen
Tergantung persaingan thd produk --> merek, mutu dll
5. Calon produk (potential product) : kemungkinan peningkatan/perubahan di masa datang
Internet --> cepat & koneksi nirkabel
Klasifikasi Produk
1. Daya Tahan dan Wujud
– Barang tidak tahan lama (nondurable goods)
– Barang tahan lama (durable goods)
– Jasa (service)
2. Klasifikasi Barang Konsumen
a. Barang sehari-hari (convenience goods)
Kebutuhan pokok (staples) --> beras, minyak goreng dll
Barang darurat (emergency goods) --> payung,
Barang dadakan (impulse goods) --> koran,
b. Barang toko (shopping goods)
dibandingkan berdasar kesesuaian, harga, mutu, gaya
- Barang toko homogen
- Barang toko heterogen
c. Barang khusus (specialty goods)
ciri-ciri atau identifiksi merek yg unik
- Mercedes, Porce --> konsumen membeli karena barangnya khusus
d. Barang yang tidak dicari (unsought goods) --> tidak diketahui konsumen
- Detektor asap, asuransi jiwa, batu nisan, ensiklopedia dll
3. Klasifikasi Barang Industri
a. Bahan baku dan suku cadang
Bahan baku produk pertanian : volumoneus, fluktuatif, musiman & perisabel
b. Barang modal --> bahan tahan lama yg memudahkan pengembangan produk jadi
- Intalasi
- Peralatan
c. Perlengkapan dan layanan bisnis --> barang dan jasa berumur pendek yg memudahkan pengembangan produk jadi
- Barang pemeliharaan dan pernbaikan
- Perlengakapan operasional
Deferensiasi
Diferensiasi Produk
1. Bentuk --> ukuran, model, atau struktur fisik produk
2. Fitur
3. Mutu kinerja
4. Mutu kesesuaian (confermance quality)
5. Daya tahan (durability)
6. Keandalan (realibility)
7. Mudah diperbaiki
8. Gaya (style)
Diferensiasi Jasa
- Kemudahan pemesanan (ordering ease)
- Pengiriman (delivery)Pemasangan (installation)
- Pelatihan pelanggan
- Konsultasi pelanggan
Hierarki Produk
1. Keluarga kebutuhan (need family) --> keamanan
2. Keluarga produk (product family) --> tabungan dan penghasilan
3. Kelas produk (product class) --> instrumen keuangan
4. Lini produk (product line) --> asuransi jiwa
5. Jenis produk (product type) --> asuransi berjangka
6. Barang atau varian produk (product varian)--> asuransi jiwa berjangka yg dpt diperpanjang
Bauran dan Sistem Produk
•Sistem Produk --> sekelompok barang berbeda, tetapi saling berhubungan yang berfungsi saling melengkapi
•Bauran Produk --> kumpulan seluruh produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli.
Pengemasan (packaging) :
semua kegiatan merancang & memproduksi wadah untuk produk
Bentuk kemasan :
•Kemasan primer--> botol
•Kemasan sekunder --> kotak karton
•Kemasan pengiriman --> kotak bergelombang
Faktor-faktor yang berperan meningkatnya penggunaan kemasan :
1.Swalayan
2.Kemakmuran konsumen
3.Citra perusahaan dan merek
4.Peluang inovasi
Pelabelan --> mencantumkan merek dan informasi
Fungsi :
1.Identitas produk (merek)
2.Kelas produk
3.Informasi produksi (siapa pembuat, dimana dan kapan dibuat, apa kandungannya, dll)
4.Promosi produk
No comments:
Post a Comment