Monday, April 22, 2013

STRATEGI PRODUK


Karakteristik dan Klasifikasi Produk
•Produk --> Segala sesuatu yg dpt ditawarkan ke pasar untk memuaskan keinginan & kebutuhan.
•Jenis produk --> barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, gagasan dll

Tingkat produk : hierarki nilai pelanggan (custemer value hierarchy)
1. Manfaat inti (core benefit)
    Hotel --> tamu butuh istirahat & tidur
    Bor --> lubang
2. Produk dasar (basic product)
    Hotel --> tempat tidur, kamar mandi, handuk, lemari pakaian dll
3. Produk yg diharapkan (expected product)
    Hotel --> tamu mengharapkan tempat tidur yg bersih, handuk yang bersih, lampu baca, ketenangan, dll
4. Produk yg ditingkatkan (augmented product) : melampaui harapan konsumen
    Tergantung persaingan thd produk --> merek, mutu dll
5. Calon produk (potential product) : kemungkinan peningkatan/perubahan di masa datang
    Internet --> cepat & koneksi nirkabel

Klasifikasi Produk
1. Daya Tahan dan Wujud
– Barang tidak tahan lama (nondurable goods)
– Barang tahan lama (durable goods)
– Jasa (service)
2. Klasifikasi Barang Konsumen
  a. Barang sehari-hari (convenience goods)
   Kebutuhan pokok (staples) --> beras, minyak     goreng dll
   Barang darurat  (emergency goods) --> payung,
   Barang dadakan (impulse goods) --> koran,
  b. Barang toko (shopping goods)   
    dibandingkan berdasar kesesuaian,   harga, mutu, gaya
  - Barang toko homogen
  - Barang toko heterogen
  c. Barang khusus (specialty goods)
  ciri-ciri atau identifiksi merek yg unik
  -  Mercedes, Porce --> konsumen membeli karena barangnya khusus
  d.  Barang yang tidak dicari (unsought goods) --> tidak diketahui konsumen
  - Detektor asap, asuransi jiwa, batu nisan, ensiklopedia dll
3. Klasifikasi Barang Industri
  a.  Bahan baku dan suku cadang
        Bahan baku produk pertanian :        volumoneus, fluktuatif, musiman & perisabel
  b.  Barang modal  --> bahan tahan lama yg memudahkan pengembangan produk jadi
  - Intalasi
  - Peralatan
  c.  Perlengkapan dan layanan bisnis --> barang dan jasa berumur pendek yg memudahkan pengembangan produk jadi
  - Barang pemeliharaan dan pernbaikan
  - Perlengakapan operasional

Deferensiasi
Diferensiasi Produk
1. Bentuk -->  ukuran, model, atau struktur     fisik produk
2. Fitur
3. Mutu kinerja
4. Mutu kesesuaian (confermance quality)
5. Daya tahan (durability)
6. Keandalan (realibility)
7. Mudah diperbaiki
8. Gaya (style)

Diferensiasi Jasa
  1. Kemudahan pemesanan (ordering ease)
  2. Pengiriman (delivery)Pemasangan (installation)
  3. Pelatihan pelanggan
  4. Konsultasi pelanggan
Hierarki Produk
1.   Keluarga kebutuhan (need family) --> keamanan
2.   Keluarga produk (product family) --> tabungan    dan penghasilan
3.   Kelas produk (product class) --> instrumen keuangan
4.   Lini produk (product line) --> asuransi jiwa
5.   Jenis produk (product type) --> asuransi  berjangka
6.   Barang atau varian produk (product varian)-->  asuransi jiwa berjangka yg dpt diperpanjang

Bauran dan Sistem Produk
•Sistem Produk --> sekelompok barang berbeda, tetapi saling berhubungan yang berfungsi saling melengkapi
•Bauran Produk --> kumpulan seluruh produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli.

Pengemasan (packaging) :
semua kegiatan merancang &  memproduksi wadah untuk produk

Bentuk kemasan :
•Kemasan primer--> botol
•Kemasan sekunder --> kotak karton
•Kemasan pengiriman -->  kotak bergelombang

Faktor-faktor yang berperan meningkatnya penggunaan kemasan :
1.Swalayan
2.Kemakmuran konsumen
3.Citra perusahaan dan merek
4.Peluang inovasi

Pelabelan --> mencantumkan merek dan informasi
Fungsi :
1.Identitas produk (merek)
2.Kelas produk
3.Informasi produksi (siapa pembuat, dimana dan kapan dibuat, apa kandungannya, dll)
4.Promosi produk

No comments:

Post a Comment