Monday, April 22, 2013

MERANCANG & MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN


PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN :
Komunikasi Pemasaran --> sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen - langsung atau tidak lansung - tentang produk dan merek yang dijual.

BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN :
1. Iklan --> Bentuk presentasi yang bukan dilakukan orang dan berupa promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor
2. Promosi penjualan --> Insentif jangka pendek untuk mendorong orang mencoba atau membeli produk /jasa
3. Acara khusus dan pegalaman --> Perusahaan mensposori kegiatan dan program untuk menciptakan interaksi yang berkaitan dengan merek
4. Hubungan masyarakat  dan pemberitaan --> Program untuk mempromosikan dan melindungi citra perusahaan atau produknya
5. Pemasaran langsung --> Penggunaan surat, telepon, fax, e-mail, atau internet untuk berkomunkasi dengan pelanggan atau calon pelanggan
6. Penjualan pribadi --> Interaksi tatap muka atau beberapa calon pembeli untuk presentasi, menjawab pertanyaan, dan memperoleh pemesanan

MODEL PROSES KOMUNIKASI :

1. Model Makro dari Proses Komunikasi
- 2 unsur melambangkan pihak-pihak utama : pengirim dan penerima
- 2 unsur melambangkan alat komunikasi utama : pesan dan media
- 4 unsur melambangkan fungsi komunikasi utama : penggunaan kode (encoding), penafsiran kode (decoding), tanggapan (respone) dan umpan balik (feedback)
   Bentuk perhatian :
   •Perhatian yang selektif (selective attention)
   •Penyimpangan selektif (selective distortion)
   •Ingatan selektif (selective retention)

2. Tanggapan Konsumen Model Mikro
Model hirarki efek/tanggapan
a.Kesadaran : jika audien tidak sadar akan objek
b.Pengetahuan : audiens mungkin punya kesadaran merek tapi tidak mengetahui lebih banyak
c.Kesukaan : audiens mungkin mengenal merek tapi kelihatan tidak senang
d.Kelebihsukaan atau preferensi : audeins mungkin menyukai produk tapi tidak lebih menyukai di banding produk lain
e.Keyakinan : audiens lebih menyukai satu produk tertentu tapi tidak mengembangkan keyakinan untuk membelinya
f.Pembelian : audiens mungkin memiliki keyakinan tapi tidak cukup mampu untuk membeli

TAHAPAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI
1. Identifikasi Audiens Sasaran
2. Menentukan Tujuan Komunikasi
  • Kebutuhan kategori
  • Kesadaran merek
  • Sikap merek
  • Maksud pembelian merek
3. Merancang Komunikasi
--> Apa yang dikatakan (strategi pesan), Bagaimana mengatakannya (strategi kreatif), dan Siapa yang mengatakannya (sumber pesan)
a. Strategi pesan
John Maloney : pembeli mengharapkan 4 jenis imbalan à kepuasan rasional, inderawi, sosial dan ego
b. Strategi kreatif
-->Cara pemasar menterjemahkan pesan ke dalam satu komunikasi spesifik
 - Daya tarik informasional --> manfaat produk atau jasa
  Ex : iklan penyelesaian masalah (noda membandel -->  Rinso), iklan demontrasi produk (anti bocor --> Nodrop, iklan membandingkan produk (untuk akses internet Indosat lebih cepat dari Telkomsel), iklan kesaksian (badan bagus --> L-man)
 - Daya tarik transformasional --> manfaat atau citra yang berkaitan dengan non produk
  Ex : orang macam apa yang menggunakan merek (Honda Jazz untuk anak muda)
c. Sumber pesan
  -->Sumber yang menarik atau terkenal akan memperoleh perhatian dan daya ingat yang tinggi

4. Pilih Saluran Komunikasi
a.  Saluran komunikasi pribadi
  Melibatkan dua atau beberapa orang berkomunikasi lanngsung dengan tatap muka, satu orang dengan audiens, melalui telepon, atau email.
b.   Saluran Komunikasi non Pribadi
  Komunikasi yang di arahkan pada lebih dari 1 orang dan mencakup media, promosi, penjualan, acara-acara khusus, dan pemberitaan.
- Media :
•Media cetak (koran dan majalah),
•Media penyiaran (radio dan televisi),
•Media jaringan (telepon, kabel, satelit, nirkabel),
•Media elektronik (rekaman audio, video, CD-ROM, dll),
•Media pajangan (papan reklame, neon sign, poster).
- Promosi Penjualan
•Promosi konsumen (sampel, kupon, premi)
•Promosi dagang (iklan, pameran)
•Promosi bisnis & tenaga penjual (kontes tenaga penjual)
- Acara Khusus dan Pengalaman
•Olahraga, hiburan, kegiatan-kegiatan formal
- Hubungan Masyarakat
•Komunikasi yang diarahkan secara internal pada karyawan atau eksternal pada konsumen, perusahaan lain, pemerintah, dan media

5. Tetapkan Anggaran Komunikasi Pemasaran
1. Metode Kesanggupan
  - Dasarnya pada kesanggupan perusahaan untk membiayai
  - Sering mengabaikan peran promosi sebagai investasi dan berpengaruh terhadap volume penjualan
2. Metode Persentase Penjualan
  - Dasarnya pada persentase penjualan yang telah ditentukan (saat ini atau yang diperkirakan) atau dari harga jual
  - Metode ini memandang penjualan sebagai penentu promosi, anggaran berdasarkan ketersediaan dana bukan peluang pasar
3. Metode Keseimbangan Persaingan
  - Dasarnya untuk mencapai keseimbangan kekuatan-suara (share-of-voice) dengan para pesaing
4. Metode Tujuan dan Tugas
  - Mendefinisikan tujuan yang jelas, menentukan tugas-tugas, dan memperkirakan biaya untuk melaksanakan tugas tersebut

MENGELOLA PROGRAM IKLAN :
Iklan --> Segala bentuk presentasi non pribadi dan promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.
5 keputusan utama dalam mengembangkan program iklan : 5 M
  1. Mission (misi/tujuan)
  2. Money (uang/anggaran)
  3. Message (pesan)
  4. Media
  5. Measurment (ukuran/ tolak ukur)

1 comment: